PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MEMANFAATKAN GOOGLE SITES MA DARUL ULUM PURWOGONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Rabu,
05 Januari 2022
~ Oleh Muhammad Faizuddin, S.Kom. ~ Dilihat 1116 Kali
PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MEMANFAATKAN GOOGLE SITES
MA DARUL ULUM PURWOGONDO
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kandir
MA Darul Ulum Purwogondo
e-mail : bangkandir@gmail.com
ABSTRAK
Pembelajaran berbasis web menjadi salah satu pilihan bagi Guru dalam menghadirkan pembelajaran inovatif dan juga dalam menghadapi pembelajaran masa pandemi covid-19. Langkah awal yang dilakukan dalam kajian ini dengan mempelajari literatur dan hasil kajian sejenis, agar diperoleh gambaran tentang pembelajaran berbasis web yang memanfaatkan google sites. Berdasarkan pembahasan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa pengembangan pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites dapat dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : (1) membuat akun email di gmail.com; (2) login di www.sites.google.com; (3) memilih template web yang diinginkan; (4) menyiapkan peta konsep yang akan ditampilkan di google sites; (5) menyisipkan materi pelajaran yang akan di unggah; (6) menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan google forms; (7) mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik; (8) mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp (WA). Manfaat yang diperoleh Guru secara langsung adalah terkait kemudahan dalam membuat dan mengelola website dengan google sites; sedangkan manfaat bagi peserta didik adalah terkait kemudahan dalam mengakses website dan peserta didik menjadi terbiasa memanfaatkan website untuk mengakses materi pelajaran maupun mengikuti evaluasi atau penilaian online. Link pembelajaran berbasis web yang dapat diakses sebagai hasil pembuatan website dengan memanfaatkan google sites yaitu https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/bangkandir.
Kata Kunci : pembelajaran inovatif, pembelajaran berbasis web, google sites.
PENDAHULUAN
Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan adanya pendidikan yang bermutu. Pendidikan adalah bagian terpenting dalam mengembangkan potensi peserta didik yang terpendam didalam dirinya. Dengan adanya pendidikan yang bermutu dapat menghasilkan para tenaga muda yang dapat bersaing di kalangan dunia. Dimasa pandemi Covid-19, elemen pendidikan diharuskan melakukan migrasi yang besar-besaran. Tentunya hal ini belum pernah dialami sebelumnya dari yang awalnya menerapkan pendidikan secara tatap muka namun sekarang diharuskan secara daring (Devy, 2020). Padahal tidak semua peserta didik yang terbiasa melakukan pembelajaran secara online. Apalagi kebanyakan Guru masih belum mahir dalam menggunakan teknologi internet ataupun media sosial dalam melaksanakan pembelajaran terutama diberbagai daerah (Purwanto, 2020). Dengan kondisi yang mendesak saat ini perlu melakukan inovasi-inovasi terbaru dan adaptasi terkait pemanfaatan teknologi yang ada dengan tujuan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Praktiknya dengan cara Guru dan peserta didik melakukan interaksi dan transfer ilmu pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran secara online. Dengan adanya keharusan melakukan kegiatan pembelajaran secara online sekarang para Guru maupun peserta didik tidak perlu lagi merasa khawatir, karena walaupun tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka namun peserta didik tetap dapat belajar secara mandiri dengan dilengkapi bahan ajar berbasis improve dengan memanfaatkan platform yang telah ada berupa website, aplikasi, jejaring sosial dan lain-lain (Devy, 2020). Ada banyak macam aplikasi yang dapat digunakan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis berbasis improve menggunakan web, salah satunya yang dipakai oleh peneliti dalam mengembangkan bahan ajar Fisika berbasis improve adalah Google Sites.
Google Sites adalah media website yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh. Google Sites ini dapat digunakan dalam keperluan secara pribadi maupun berkelompok. Dengan fitur-fitur yang telah disediakan dalam media website google sites dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran (Rachman, 2007). Pada dasarnya google sites merupakan layanan web hosting gratis yang disediakan oleh google. Dengan adanya google sites kita dapat membuat sebuah web yang dapat kita gunakan untuk berbagai kepentingan internet. Google sites memiliki fitur template dan desain yang sangat menarik untuk digunakan. Tentunya dengan adanya Google Sites memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Selain itu kita dapat juga menyimpan dokumen dan file-file penting di google sites secara gratis dan dapat kita bagikan secara online (Ghodang, 2020). Google sites dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari bahan ajar yang disediakan.
Pemanfaatan google sites dalam membuat website memberikan beberapa manfaat, hal ini senada dengan pendapat Irza Nur Islamiah dalam (Adzkiya & Suryaman, 2021) yang menyatakan bahwa terdapat beberapa manfaat penggunaan media yang dibuat dengan google sites. Manfaat tersebut meliputi kemudahan dalam menyampaikan materi pelajaran, memberikan tugas, melakukan penilaian online, dan lain-lain. Guru juga tidak akan terkendala dalam membagikan berbagai jenis file, gambar dan video melalui google sites. Peserta didik juga tidak akan terkendala dalam mengakses website, hanya dibutuhkan android atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.
Pembelajaran online yang baik dan efektif ditandai dengan pemanfaatan media pembelajaran online yang sederhana, mudah diakses, namun memberikan informasi yang dibutuhkan untuk belajar. Media pembelajaran berupa website yang dibuat dengan google sites sangat mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan data internet yang banyak. Sehingga di masa sekarang saat pembelajaran online menjadi sebuah kebutuhan, google sites dapat menjadi pilihan untuk membuat media pembelajaran. Bagi peserta didik manfaat pembelajaran dengan memanfaatkan google sites terletak pada ketersediaan materi yang inovatif dan beragam sehingga mudah untuk dipahami (Adzkiya & Suryaman, 2021).
Manfaat website dengan google sites bukan hanya dirasakan oleh peserta didik, namun Guru sebagai pembuat dan pengelola website juga sangat terbantu dengan tersedianya berbagai fitur yang sangat memudahkan guru untuk mengelola website dengan google sites. Hal ini juga diungkapkan dalam sebuh tulisan yang menyatakan bahwa guru dan peserta didik mendapatkan banyak kemudahan belajar dimasa pandemi ini dengan adanya pemanfaatan google sites dalam membuat media pembelajaran (Oenardi Lawanto, 2001). Google sites juga dapat dimanfaatkan sebagai Learning Management System (LMS) dimana guru dapat melakukan integrasi beberapa link materi dan link soal untuk diakses oleh peserta didik. Website sebagai media pembelajaran yang dibuat dengan google sites memudahkan peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran (Mardin & La Nane, 2020). Website yang dibuat dengan google sites mudah di kelola oleh guru dan mudah diakses oleh peserta didik. Peneliti membuat website dengan memanfaatkan google sites setelah mengikuti pelatihan Google Master Trainer (GMT) pada akhir bulan Desember 2020. Pembuatan website ini digunakan untuk menghadapi kegiatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022, terutama untuk semester genap, dengan kondisi pembelajaran masih dalam masa pandemi Covid-19
PEMBAHASAN
Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian literatur. Langkah awal yang dilakukan untuk menulis atikel yaitu dengan mengumpulkan informasi dengan cara mengkaji hasil-hasil kajian dan penelitian sejenis yang sudah ada serta mengkaji web yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Analisis data dilakukan dan disajikan secara deskriptif. Langkah yang dilakukan dalam proses pengkajian ini secara urut adalah sebagai berikut :
- Melakukan kajian untuk menghasilkan informasi terkait permasalahan yang dihadapi Guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan model dan media pembelajaran khususnya dalam melakukan pembelajaran yang memanfaatkan website.
- Melakukan kajian untuk memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pengembangan pembelajaran berbasis website.
- Melakukan kajian tentang tahapan dan manfaat pengembangan pembelajaran berbasis website yang memanfaatkan google sites.
Pembelajaran Berbasis Web
Pembelajaran berbasis web merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Rangkaian pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan jaringan internet dimana peserta pembelajaran dapat mengikuti kegiatan tersebut maka aktivitas ini dapat nyatakan sebagai pembelajaran berbasis web. Pembelajaran berbasis web dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak dibatasi oleh ruang dan waktu selagi memiliki perangkat laptop atau android yang terhubungan dengan jaringan internet. Semua informasi sangat mudah diakses oleh peserta didik melalui jaringan internet, sehingga dibutuhkan kearifan dan kemampuan untuk memilih dan memilah informasi mana saja yang boleh diakses. Web menyediakan semua informasi bagi pemakai komputer yang terhubung ke internet mulai dari informasi yang tidak bermanfaat hingga informasi yang yang bermanfaat untuk pembelajaran (Dewanto, 2006).
Pembelajaran berbasis web dapat dilakukan dengan syarat utama adanya akses dengan sumber informasi melalui internet. Guru yang akan mengimplementasikan pembelajaran berbasis web harus membagikan alamat atau link website yang digunakan dalam pembelajarannya. Pembelajaran berbasis web dilakukan tidak sekedar tempat menyajikan materi belajar, namun lebih dari itu dengan website dapat mengurangi penggunaan kertas untuk menyimpan berbagai dokumen atau informasi. Pelaksanaan penilaian juga dapat dilakukan secara online tanpa harus menyiapkan lembar soal hard copy. Memanfaatkan berbagai aplikasi penilaian diantaranya dengan google forms guru dapat melakukan penilaian online secara efektif.
Website dalam pembelajaran dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Sumber belajar dimasa sekarang tidak cukup menggunakan buku saja, website dapat digunakan sebagai sumber belajar. Semakin banyak sumber belajar akan memberikan wawasan yang lebih luas bagi peserta didik. Website dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri. Keberadaan website menjadi salah satu sumber belajar yang memperkaya informasi bagi peserta didik. Disadari atau tidak kondisi pandemi yang mengharuskan proses belajar dilakukan secara jarak jauh berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didik belajar mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan dalam artikel bahwa kemandirian belajar peserta didik dapat ditumbuhkan melalui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (Adzkiya & Suryaman, 2021).
Melalui pembelajaran jarak jauh, peserta didik dituntut memanfaatkan berbagai sumber belajar yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Dibutuhkan bimbingan guru dalam PJJ, artinya guru supaya menyusun jadwal pertemuan tatap muka atau virtual untuk membahasan materi pelajaran yang belum dipahami peserta didik melalui proses belajar mandiri.
Website dengan Google Sites
Google sites merupakan salah satu layanan google untuk mepermudah pembuatan situs atau website. Google sites adalah aplikasi terstruktur yang dapat digunakan untuk membuat situs web dengan mudah (Suryanto, 2018). Google sites merupakan aplikasi online yang diluncurkan oleh google untuk pembuatan website kelas, sekolah / madrasah, atau lainnya. Google sites dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang didalamnya terintegrasi berbagai informasi, baik berupa teks, gambar, video, presentasi, lampiran, dan lain-lain (Widya Mutiara Mukti, Yudhia Bella Puspita N, 2020). Website dengan google sites dapat dibagikan kepada pengguna yang membutuhkan dengan membagikan alamat/link website.
Google sites merupakan produk google yang merupakan alat untuk membuat situs (Harsanto, 2012). Google sites merupakan aplikasi yang penggunaan dan pengelolaannya mudah. Kendala pengelolaan website karena tantangan kompleksitas pembuatan serta pemeliharaannya, teratasi dengan keberadaan google sites. Google sites dapat dioperasikan tanpa menggunakan bahasa program tingkat tinggi, sehingga google sites menarik untuk dipelajari.
Beberapa keunggulan google sites antara lain : (1) gratis; (2) mudah dibuat; (3) ada fasilitas bagi pengguna untuk berkolaborasi dalam pemanfaatannya; (4) tersedianya penyimpanan online 100 MB gratis bagi pengguna akun google pribadi bahkan penyimpanan tanpa batas bagi pengguna akun pembelajaran; (5) searchable (dapat ditelusuri) menggunakan mesin pencarian google.
Berbagai manfaat diperoleh dari penerapan pembelajaran berbasis web. Manfaat mengimplementasikan pembelajaran berbasis web antara lain :
- Peserta didik dapat belajar secara mandiri, keberadaan website yang disiapkan dan dikelola guru untuk pembelajaran akan berdampak pada fleksibelitas waktu dan tempat belajar bagi peserta didik. Peserta didik tidak hanya belajar bersama guru dikelas, namun juga dapat belajar sebelum dan sesuah pembelajaran. Hal ini tentu akan meningkatkan pemahaman materi pada peserta didik, karena materi dapat dibuka berulang-ulang.
- Meningkatnya pengetahuan peserta didik tentang teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan website dalam pembelajaran peserta didik akan terbiasa mengakses dan memanfaatkan fitur pada website.
- Sebagai media pembelajaran online, sehingga dapat dimanfaatkan kapanpun dan dimanapun.
- Materi pelajaran dalam berbagai bentuk (video, pdf, slide, dll) sehingga lebih menarik.
- Menghemat biaya pembelajaran, dengan memanfaatkan website peserta didik tidak harus memberi sumber belajar yang tertulis seperti buku cetak, LKS, modul belajar dan lain sebagainya. Satuan pendidikan atau guru tidak perlu menyediakan hard copy lembar soal untuk penilaian, semua dapat dilakukan secara online.
Beberapa langkah yang dilakukan dalam membuat website untuk pembelajaran sebagai berikut :
- Masuk ke situs https://sites.google.com
- Pilih template yang diinginkan (gambar 1)
Gambar 1. Tampilan template google sites
- Beri nama dokumen situs, nama dan logo pada halaman beranda (gambar 2)
Gambar 2. Halaman beranda saat awal
- Buat halaman situs sesuai kebutuhan, contohnya halaman beranda, fisika kelas X, fisika kelas XI, fisika kelas XII (gambar 3)
Gambar 3. Halaman yang sudah diganti menunya
- Isi halaman website sesuai dengan judul halaman, pada fisika kelas X tambahkan nama-nama sub materi (gambar 4)
Gambar 4. Penambahan menu dan sub menu
- Sisipkan materi pada halaman materi pelajaran, bisa mengambil dari drive, dari Youtube, menyajikan hyperlink materi (gambar 5)
Gambar 5. Penambahan isi materi
- Pada halaman tugas dan latihan guru mengunggah tugas kelas dan soal latihan yang disiapkan menggunakan aplikasi penilaian seperti google forms (gambar 6)
Gambar 6. Evaluasi dengan Google Forms
- Agar peserta didik dapat mengakses link website yang diberikan maka website harus dipublikasikan (gambar 7)
Gambar 7. Halaman publikasi
- Link yang dapat di akses setelah dipublikasikan (gambar 8)
Gambar 8. Link untuk dibagikan agar dapat di akses orang
Adapun link pembelajaran berbasis web yang dapat diakses sebagai hasil pembuatan website dengan memanfaatkan google sites yang telah dibuat oleh peneliti yaitu https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/bangkandir.
Pembuatan website dengan google sites sangat mudah, dan guru tidak perlu memiliki pengetahuan tentang html, atau pengkodean situs. Guru dengan pengetahuan pengelolaan aplikasi seadanya dapat membuat website dengan google sites.
Berbagai keunggulan google sites yang tidak dimiliki oleh platform pembuat situs gratis lainnya :
- Terintegrasi dengan google, website yang dibuat akan langsung tersimpan dalam google drive sehingga tidak perlu melakukan backup data.
- Keamanan maksimal, google akan memberikan perlindungan maksimal setiap produknya dari serangan virus dan hacker termasuk pada google sites.
- Akses website cepat, situs yang dikelola akan dijalankan menggunakan server milik google.
- Fitur Berbagi, dapat dilakukan kolaborasi ketika mengelola website.
- Tampilan website simpel, tampilan untuk admin didesain sangat simpel, jadi akan mudah dalam memahami dan mengoperasikannya.
- Akses dari segala perangkat, situs yang dibuat dengan google sites bisa diakses dengan berbagai media misalnya PC, laptop maupun smartphone gratis, layanan pembuatan situs ini bisa digunakan secara gratis.
Dalam pembuatan website google sites juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut :
- tidak ada fitur drag dan drop untuk mendesain halaman web sehingga pemilik/admin website harus melakukan pengaturan sendiri;
- google sites tidak mendukung script dan iframe, sehingga pemilik atau admin website harus mencari sendiri menggunakan gadget tertentu untuk dapat menggunakan elemen tambahan ini. Namun secara umum jika tanpa menggunakan elemen tambahan ini pembuatan website untuk pembelajaran sudah dapat dilakukan dengan cukup lengkap karena google sites telah menyediakan fasilitas unggah berbagai bentuk file yang tersimpan didalam drive pemilik/admin website. Google sites juga menyediakan fasilitas embed atau tanam dokumen ke dalam website yang mudah untuk dilakukan.
Pembelajaran Berbasis Web Memanfaatkan Google Sites
Pemanfaatan website menjadikan informasi bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat. Begitu pula dalam pembelajaran website akan membuat peserta didik mudah menemukan dan mengakses segala informasi terkait pembelajaran. Selagi pemilik dan pengelola atau admin dari website guru dapat menyertakan orang yang berkompeten dan dibutuhkan untuk dapat bersama-sama mengelola website pembelajaran. Semua orang yang diberikan akses dapat menambahkan file lampiran serta informasi ke dalam website seperti google docs, sheet, forms, calender dan lain sebagainya.
Penggunaan google sites akan memudahkan Guru menyiapkan website untuk pembelajaran. Pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dengan dukungan fitur-fitur yang ditawarkan oleh google sites. Google sites dapat berfungsi sebagai sarana guru dan siswa dalam berbagi pengetahuan dan informasi dalam bentuk yang menarik. Google sites juga bisa dijadikan sarana bagi guru untuk mengkomunikasikan capaian pembelajaran dan dokumentasi peserta didik kepada orang tua. Orang tua dapat mengunjungi website yang dibuat guru secara berkala untuk mendapatkan informasi pembelajaran anaknya. Hal ini merupakan bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran berbasis web ditandai dengan pemanfaatan website dalam pembelajaran. Website yang digunakan dalam pembelajaran bisa menggunakan website resmi yang telah diakui kebenaran kontennya ataupun guru dapat membuat dan mengelola sendiri website untuk pembelajarannya. Agar website yang digunakan dalam pembelajaran bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan maka pengembangan media website supaya melalui tahapan pengembangan yang benar. Website yang dibuat hendaknya melalui tahapan perancangan awal, mengidentifikasi hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi, mengembangkan website sesuai kebutuhan, mengevaluasi dan merevisi website. Pemanfaatan website dalam pembelajaran memberikan berbagai keunggulan. Hal ini dikemukan oleh (Sari & Suswanto, 2017) , pertama, media pembelajaran online dapat diakses dimana saja. Kedua, media ini dapat diakses pada komputer atau laptop maupun android. Ketiga, media ini memiliki konten yang lengkap berupa materi pelajaran dan soal latihan. Keempat, materi atau konten yang tersedia di website dapat didownload. Kelima, media ini mempunyai tiga hak akses dinamis (admin, guru, dan peserta didik). Keenam, dalam media tersedia fitur analisis aktivitas. Ketujuh, media ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites dikembangkan dengan beberapa tahapan implementasi sebagai terlihat pada gambar 9.
Gambar 9. Tahapan implementasi Google Sites
Membuat website untuk pembelajaran tentu harus memperhatikan beberapa aspek yang dibutuhkan peserta didik untuk proses pembelajaran. Untuk memanfaatkan aplikasi google sites, tentunya harus mempunyai email di laman gmail.com, selanjutnya login www.sites.google.com. Pada aplikasi google sites telah tersedia berbagai template situs yang dapat digunakan, pada kesempatan ini direkomendasikan untuk menggunakan template kelas saat membuat website untuk pembelajaran. Adapun jumlah halaman situs dan nama halaman situs menyesuaikan kebutuhan pembelajaran. Faktor utama yang akan menjadikan website efektif digunakan dalam pembelajaran terkait materi pelajaran yang disediakan didalam website. Guru harus membuat website untuk pembelajaran maka harus menyiapkan peta konsep yang akan ditampilkan, menyisipkan materi pelajaran yang akan diunggah, kemudian menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan memadukan google forms. Selanjutnya, Guru dapat mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik. Untuk melakukan koordinasi dengan peserta didik, Guru dapat melakukannya dengan mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp. Hal ini sangat berguna untuk menyiapkan materi pelajaran yang akan diunggah, agar supaya materi yang diunggah sesuai kebutuhan pembelajaran dan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang dibutuhkan peserta didik.
Selanjutnya pembelajaran berbasis web juga memberikan kemudahan bagi guru dalam melakukan penilaian. Melalui website guru dapat menyajikan tugas dan latihan secara online menggunakan berbagai aplikasi penilaian diantaranya google forms. Sehingga sangat penting bagi guru menyiapkan tugas atau latihan online yang akan diunggah di situs pembelajarannya. Langkah selanjutnya, Guru menyisipkan materi pelajaran sebagai pendukung sumber belajar pada halaman website. Guru sebagai pengelola website tentu sudah memiliki skenario kapan materi atau tugas dan latihan harus diunggah diwebsitenya. Artinya tidak harus diunggah secara bersamaan, akan lebih baik jika disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Kemudian agar peserta didik dapat mengakses website yang telah disiapkan guru, maka guru harus klik tombol publikasikan. Adapun aksesnya juga harus diseting publik. Didalam website, Guru tidak dapat mengelola diskusi dengan peserta didiknya, maka disarankan Guru untuk mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp atau google chat sesuai skenario yang direncanakan Guru.
Pemanfaatkan website dalam pembelajaran juga dapat diintegrasikan dengan penggunaan google classroom. Jika selama ini Guru telah aktif memanfaatkan google classroom maka integrase antara website dan classroom dapat memberikan warna berbeda dalam proses pembelajaran. Guru dapat menautkan link website dalam classroom yang dikelolanya, dimana website telah disiapkan sedemikian rupa menyajikan semua informasi dan materi pelajaran yang dibutuhkan. Sedangkan untuk latihan tetap dilakukan di classroom karena memang di classroom, Guru dapat membuat latihan secara langsung. Cara lainnya Guru juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan website untuk menautkan link latihan online yang telah disiapkan.
Pembelajaran berbasis web ini memberikan kesempatan luas bagi Guru untuk berkreatifitas menghadirkan metode-metode menarik yang mendukung proses belajar peserta didik. Berbagai aplikasi dapat diintegrasikan dan saling melengkapi jalannya proses pembelajaran.
KESIMPULAN
Pembelajaran berbasis web dapat dilakukan dengan memanfaatkan situs website resmi atau guru membuat sendiri website untuk pembelajarannya. Pengembangan website sendiri oleh guru dapat dilakukan dengan memanfaatkan google sites.
Tahapan implementasi atau pelaksanaan pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites adalah sebagai berikut :
- membuat akun email di com.
- login di sites.google.com.
- memilih template web yang diinginkan.
- menyiapkan petan konsep yang akan ditampilkan di google sites.
- menyisipkan materi pelajaran yang akan diunggah.
- menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan google forms.
- mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik.
- mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp.
Pemanfaatan google sites sangat memberikan manfaat, baik bagi Guru maupun bagi peserta didik. Guru memperoleh manfaat dengan mudahnya membuat dan mengelola website, sedangkan manfaat bagi peserta didik terkait dengan kemudahan dalam mengakses website dan peserta didik menjadi terbiasa memanfaatkan website untuk mengakses materi pelajaran maupun mengikuti penilaian online.
REKOMENDASI
Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites membuat proses belajar menjadi fleksibel dimana peserta didik dapat mengakses materi pelajaran kapanpun dan dimanapun selagi terkoneksi jaringan internet. Pemanfaatkan google sites dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya seperti google classroom yang akan membuat pembelajaran lebih menarik. Direkomendasikan kepada para Guru untuk dapat menerapkan pembelajaran berbasis web dengan memanfaatkan google sites dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pembelajaran terhadap peserta didik. Direkomendasikan bagi peneliti yang akan melakukan kajian lanjutan atau penelitian terkait pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites supaya memfokuskan pada tahapan pengembangan media website yang akan digunakan dalam pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Adzkiya, D.S., & Suryaman, M. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V s.d VI(2), 1-7,
Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V6i2.4891
Agus Purwanto, dkk. : ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Onlien di Sekolah Dasar”. Kornal of Education, Psicology anda Counseling. Vol. 2 No.1, 2022, h.3
Arief Rachman. “Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Form, Sheet, Sites, Awesome Table and Gmail”. Sntekpan V, (Surabaya: Itats 2007), h.137-149
Dewanto, I.J. 2006. Web Desain Metode Aplikasi dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Harsanto, B. 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Feb Unpad. 3
Hironymus Ghodang & Hantono. “Step by Step Belajar dengan Google”. Medan: PT. Penerbit Mitra Grup 2020, h.188
Luh Devy Herliandry, dkk. “Pembelajaran pada Masa Covid-19”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22 No. 1, April 2020, h.66
Mardin, H., & La Nane. 2020. Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran kepada Guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo. Vol. 3(2), Hal.78-82
Oenardi Lawanto. 2001. Pembelajaran Berbasis Web sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan. 9, 44-58
Sari, H.V & Suswanto, H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. 1008-1016.
Suryanto, D.A. 2018. Analisis Perbandingan antara Blogger dan Googe Site.
Widya Mutiara Mukti., Yudhia Bella Puspita N, Z.D.A. 2020. Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. 5(1). 51-59