MA Darul Ulum Purwogondo

Jl. Kromodiwiryo Purwogondo RT. 05 / RW. 01 Kalinyamatan Jepara

Terbentuknya Peserta Didik yang Sholih dan Sholihah

PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MEMANFAATKAN GOOGLE SITES MA DARUL ULUM PURWOGONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rabu, 05 Januari 2022 ~ Oleh Muhammad Faizuddin, S.Kom. ~ Dilihat 1116 Kali

PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MEMANFAATKAN GOOGLE SITES

MA DARUL ULUM PURWOGONDO

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Kandir

MA Darul Ulum Purwogondo

e-mail : bangkandir@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Pembelajaran berbasis web menjadi salah satu pilihan bagi Guru dalam menghadirkan pembelajaran inovatif dan juga dalam menghadapi pembelajaran masa pandemi covid-19. Langkah awal yang dilakukan dalam kajian ini dengan mempelajari literatur dan hasil kajian sejenis, agar diperoleh gambaran tentang pembelajaran berbasis web yang memanfaatkan google sites. Berdasarkan pembahasan yang dilakukan diperoleh informasi bahwa pengembangan pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites dapat dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : (1) membuat akun email di gmail.com; (2) login di www.sites.google.com; (3) memilih template web yang diinginkan; (4) menyiapkan peta konsep yang akan ditampilkan di google sites; (5) menyisipkan materi pelajaran yang akan di unggah; (6) menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan google forms; (7) mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik; (8) mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp (WA). Manfaat yang diperoleh Guru secara langsung adalah terkait kemudahan dalam membuat dan mengelola website dengan google sites; sedangkan manfaat bagi peserta didik adalah terkait kemudahan dalam mengakses website dan peserta didik menjadi terbiasa memanfaatkan website untuk mengakses materi pelajaran maupun mengikuti evaluasi atau penilaian online. Link pembelajaran berbasis web yang dapat diakses sebagai hasil pembuatan website dengan memanfaatkan google sites yaitu https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/bangkandir.

 

Kata Kunci : pembelajaran inovatif, pembelajaran berbasis web, google sites.

 

 

 

PENDAHULUAN

Sumber daya manusia yang bermutu hanya dapat diwujudkan dengan adanya pendidikan yang bermutu. Pendidikan adalah bagian terpenting dalam mengembangkan potensi peserta didik yang terpendam didalam  dirinya. Dengan adanya pendidikan yang bermutu dapat menghasilkan para tenaga muda yang dapat bersaing di kalangan dunia. Dimasa pandemi Covid-19, elemen pendidikan diharuskan melakukan migrasi yang besar-besaran. Tentunya hal ini belum pernah dialami sebelumnya dari yang awalnya menerapkan pendidikan secara tatap muka namun sekarang diharuskan secara daring (Devy, 2020). Padahal tidak semua peserta didik yang terbiasa melakukan pembelajaran secara online. Apalagi kebanyakan Guru masih belum mahir dalam menggunakan teknologi internet ataupun media sosial dalam melaksanakan pembelajaran terutama diberbagai daerah (Purwanto, 2020). Dengan kondisi yang mendesak saat ini perlu melakukan inovasi-inovasi terbaru dan adaptasi terkait pemanfaatan teknologi yang ada dengan tujuan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Praktiknya dengan cara Guru dan peserta didik melakukan interaksi dan transfer ilmu pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran secara online. Dengan adanya keharusan melakukan kegiatan pembelajaran secara online sekarang para Guru maupun peserta didik tidak perlu lagi merasa khawatir, karena walaupun tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka namun peserta didik tetap dapat belajar secara mandiri dengan dilengkapi bahan ajar berbasis improve dengan memanfaatkan platform yang telah ada berupa website, aplikasi, jejaring sosial dan lain-lain (Devy, 2020). Ada banyak macam aplikasi yang dapat digunakan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis berbasis improve menggunakan web, salah satunya yang dipakai oleh peneliti dalam mengembangkan bahan ajar Fisika berbasis improve adalah Google Sites.

Google Sites adalah media website yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh. Google Sites ini dapat digunakan dalam keperluan secara pribadi maupun berkelompok. Dengan fitur-fitur yang telah disediakan dalam media website google  sites dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran (Rachman, 2007). Pada dasarnya google sites merupakan layanan web hosting gratis yang disediakan oleh google. Dengan adanya google sites kita dapat membuat sebuah web yang dapat kita gunakan untuk berbagai kepentingan internet. Google sites memiliki fitur template dan desain yang sangat menarik untuk digunakan. Tentunya dengan adanya Google Sites memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Selain itu kita dapat juga menyimpan dokumen dan file-file penting di google sites secara gratis dan dapat kita bagikan secara online (Ghodang, 2020).  Google sites dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari bahan ajar yang disediakan.

Pemanfaatan google sites dalam membuat website memberikan beberapa manfaat, hal ini senada dengan pendapat Irza Nur Islamiah dalam (Adzkiya & Suryaman, 2021) yang menyatakan  bahwa  terdapat beberapa  manfaat penggunaan  media yang  dibuat dengan google sites. Manfaat tersebut meliputi kemudahan dalam menyampaikan materi pelajaran, memberikan  tugas,  melakukan  penilaian  online,  dan  lain-lain.  Guru  juga  tidak  akan terkendala dalam membagikan berbagai jenis file, gambar dan video melalui google sites. Peserta  didik  juga tidak  akan terkendala dalam mengakses website, hanya dibutuhkan android atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.

Pembelajaran online yang baik dan efektif ditandai dengan pemanfaatan media pembelajaran online yang sederhana, mudah diakses, namun memberikan informasi yang dibutuhkan untuk belajar.  Media pembelajaran berupa website yang dibuat dengan google sites sangat mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan data internet yang banyak. Sehingga di masa sekarang saat pembelajaran online menjadi sebuah kebutuhan, google sites  dapat  menjadi  pilihan untuk membuat media pembelajaran. Bagi peserta didik manfaat pembelajaran dengan memanfaatkan google sites terletak pada ketersediaan materi yang inovatif dan beragam sehingga mudah untuk dipahami (Adzkiya & Suryaman, 2021).

Manfaat website dengan google sites bukan hanya dirasakan oleh peserta didik, namun  Guru sebagai pembuat dan pengelola website juga sangat terbantu dengan tersedianya berbagai fitur yang sangat memudahkan guru untuk mengelola website dengan google sites.  Hal ini juga diungkapkan dalam sebuh tulisan yang menyatakan bahwa guru dan peserta  didik mendapatkan banyak kemudahan belajar  dimasa pandemi  ini dengan adanya pemanfaatan google sites dalam membuat media pembelajaran (Oenardi Lawanto, 2001). Google sites juga dapat dimanfaatkan sebagai Learning Management System (LMS) dimana guru dapat melakukan integrasi beberapa link materi dan link soal untuk diakses oleh peserta didik. Website sebagai media pembelajaran yang dibuat dengan google sites memudahkan peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran (Mardin & La Nane, 2020). Website yang dibuat dengan google sites mudah di kelola oleh guru dan mudah diakses oleh peserta didik. Peneliti membuat website dengan memanfaatkan google sites setelah mengikuti pelatihan Google Master Trainer (GMT) pada akhir bulan Desember 2020. Pembuatan website ini digunakan untuk menghadapi kegiatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022, terutama untuk semester genap, dengan kondisi pembelajaran masih dalam masa pandemi Covid-19

 

PEMBAHASAN

Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian literatur. Langkah awal yang dilakukan untuk menulis atikel yaitu dengan mengumpulkan informasi dengan cara mengkaji hasil-hasil kajian dan penelitian sejenis yang sudah ada serta mengkaji web yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Analisis data dilakukan dan disajikan secara deskriptif. Langkah yang dilakukan dalam proses pengkajian ini secara urut adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan kajian untuk menghasilkan informasi terkait permasalahan yang dihadapi Guru dalam mengembangkan dan mengimplementasikan model dan media pembelajaran khususnya dalam melakukan pembelajaran yang memanfaatkan website.
  2. Melakukan kajian untuk memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pengembangan pembelajaran berbasis website.
  3. Melakukan kajian tentang tahapan dan manfaat pengembangan pembelajaran berbasis website yang memanfaatkan google sites.

 

Pembelajaran Berbasis Web

Pembelajaran berbasis web merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan  internet. Rangkaian pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan jaringan internet dimana peserta pembelajaran dapat mengikuti kegiatan tersebut maka aktivitas ini dapat  nyatakan  sebagai pembelajaran  berbasis  web. Pembelajaran berbasis  web dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak dibatasi oleh ruang dan waktu selagi memiliki perangkat laptop atau android yang terhubungan dengan jaringan  internet. Semua informasi sangat mudah diakses oleh peserta didik melalui jaringan internet, sehingga dibutuhkan kearifan dan  kemampuan  untuk memilih  dan memilah  informasi mana  saja  yang  boleh diakses. Web menyediakan semua  informasi bagi pemakai komputer yang  terhubung ke internet mulai dari informasi yang tidak bermanfaat hingga  informasi yang yang bermanfaat untuk pembelajaran (Dewanto, 2006).

Pembelajaran  berbasis web  dapat  dilakukan  dengan  syarat  utama  adanya  akses dengan  sumber informasi melalui internet. Guru yang akan mengimplementasikan pembelajaran berbasis web harus membagikan alamat atau link website yang digunakan dalam pembelajarannya. Pembelajaran berbasis web dilakukan tidak sekedar tempat menyajikan materi belajar, namun lebih dari itu dengan website dapat mengurangi penggunaan kertas untuk  menyimpan  berbagai  dokumen atau informasi. Pelaksanaan penilaian juga dapat dilakukan secara online tanpa harus  menyiapkan lembar soal hard copy. Memanfaatkan berbagai aplikasi penilaian diantaranya dengan google forms guru dapat melakukan penilaian online secara efektif.

Website dalam pembelajaran dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Sumber belajar dimasa sekarang tidak cukup menggunakan  buku saja, website  dapat digunakan sebagai sumber belajar. Semakin banyak sumber belajar akan memberikan wawasan yang lebih luas bagi  peserta  didik.  Website  dapat  membantu  peserta  didik  belajar  secara  mandiri. Keberadaan website menjadi salah  satu sumber belajar  yang memperkaya informasi bagi peserta  didik.  Disadari  atau  tidak  kondisi  pandemi  yang  mengharuskan  proses  belajar dilakukan secara jarak jauh berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didik belajar mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Sesuai dengan pendapat yang dikemukakan dalam  artikel  bahwa  kemandirian belajar  peserta  didik  dapat ditumbuhkan melalui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online (Adzkiya & Suryaman, 2021).

Melalui pembelajaran jarak jauh, peserta didik dituntut memanfaatkan berbagai sumber belajar  yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Dibutuhkan bimbingan  guru  dalam PJJ, artinya guru supaya  menyusun  jadwal pertemuan  tatap  muka  atau virtual  untuk membahasan materi pelajaran yang belum dipahami peserta didik melalui proses belajar mandiri.

 

Website dengan Google Sites

Google sites merupakan salah satu layanan google untuk mepermudah pembuatan situs atau  website. Google sites adalah  aplikasi terstruktur yang  dapat digunakan  untuk membuat situs web dengan mudah (Suryanto, 2018). Google sites merupakan aplikasi online yang diluncurkan oleh google untuk pembuatan website kelas, sekolah / madrasah, atau lainnya. Google sites dapat  digunakan untuk membuat  media pembelajaran yang  didalamnya terintegrasi berbagai  informasi,  baik  berupa  teks, gambar,  video, presentasi,  lampiran,  dan lain-lain (Widya Mutiara Mukti, Yudhia Bella Puspita N, 2020).  Website dengan google sites dapat dibagikan kepada pengguna yang membutuhkan dengan membagikan alamat/link website.

Google sites merupakan produk google yang merupakan alat untuk membuat situs (Harsanto, 2012). Google sites merupakan aplikasi yang penggunaan dan pengelolaannya mudah.  Kendala  pengelolaan  website  karena  tantangan  kompleksitas  pembuatan  serta pemeliharaannya, teratasi dengan keberadaan google sites. Google sites dapat dioperasikan tanpa menggunakan bahasa program tingkat tinggi, sehingga google sites menarik untuk dipelajari.

Beberapa keunggulan google sites antara lain : (1) gratis; (2) mudah dibuat; (3) ada fasilitas  bagi  pengguna  untuk  berkolaborasi  dalam  pemanfaatannya;  (4)  tersedianya penyimpanan online 100 MB gratis bagi pengguna akun google pribadi bahkan penyimpanan tanpa  batas  bagi  pengguna  akun  pembelajaran;  (5)  searchable  (dapat  ditelusuri) menggunakan mesin pencarian google.

Berbagai manfaat diperoleh dari penerapan pembelajaran berbasis web. Manfaat mengimplementasikan pembelajaran berbasis web antara lain :

  1. Peserta didik dapat belajar secara mandiri, keberadaan website yang disiapkan dan dikelola guru untuk pembelajaran akan berdampak pada fleksibelitas waktu dan tempat belajar bagi peserta didik. Peserta didik tidak hanya belajar bersama guru dikelas, namun juga dapat belajar  sebelum dan sesuah pembelajaran. Hal ini  tentu akan  meningkatkan  pemahaman  materi  pada  peserta  didik, karena materi  dapat dibuka  berulang-ulang.
  2. Meningkatnya pengetahuan peserta didik tentang teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan website dalam pembelajaran peserta didik akan terbiasa mengakses dan memanfaatkan fitur pada website.
  3. Sebagai media pembelajaran online, sehingga dapat dimanfaatkan kapanpun dan dimanapun.
  4. Materi pelajaran dalam berbagai bentuk (video, pdf, slide, dll) sehingga lebih menarik.
  5. Menghemat biaya pembelajaran, dengan memanfaatkan website peserta didik tidak harus memberi sumber belajar yang  tertulis seperti  buku cetak, LKS, modul belajar dan lain sebagainya. Satuan pendidikan atau guru tidak perlu menyediakan hard copy lembar soal untuk penilaian, semua dapat dilakukan secara online.

Beberapa  langkah  yang  dilakukan  dalam  membuat  website  untuk  pembelajaran sebagai berikut :

  1. Masuk ke situs https://sites.google.com
  2. Pilih template yang diinginkan (gambar 1)

Gambar 1. Tampilan template google sites

  1. Beri nama dokumen situs, nama dan logo pada halaman beranda (gambar 2)

Gambar 2. Halaman beranda saat awal

  1. Buat halaman  situs  sesuai  kebutuhan,  contohnya  halaman  beranda, fisika kelas X, fisika kelas XI, fisika kelas XII (gambar 3)

Gambar 3. Halaman yang sudah diganti menunya

  1. Isi halaman  website  sesuai dengan  judul halaman,  pada fisika kelas X tambahkan nama-nama sub materi (gambar 4)

Gambar 4. Penambahan menu dan sub menu

  1. Sisipkan materi pada halaman materi pelajaran, bisa mengambil dari drive, dari Youtube, menyajikan hyperlink materi (gambar 5)

Gambar 5. Penambahan isi materi

  1. Pada halaman tugas dan latihan guru mengunggah tugas kelas dan soal  latihan yang disiapkan menggunakan aplikasi penilaian seperti google forms (gambar 6)

Gambar 6. Evaluasi dengan Google Forms

  1. Agar peserta didik dapat  mengakses link  website yang  diberikan maka  website harus dipublikasikan (gambar 7)

Gambar 7. Halaman publikasi

  1. Link yang dapat di akses setelah dipublikasikan (gambar 8)

Gambar 8. Link untuk dibagikan agar dapat di akses orang

Adapun link pembelajaran berbasis web yang dapat diakses sebagai hasil pembuatan website dengan memanfaatkan google sites yang telah dibuat oleh peneliti yaitu https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/bangkandir.

Pembuatan website dengan google sites sangat mudah, dan guru tidak perlu memiliki pengetahuan tentang html, atau pengkodean situs. Guru dengan pengetahuan pengelolaan aplikasi seadanya dapat membuat website dengan google sites.

Berbagai keunggulan google sites yang tidak dimiliki oleh platform pembuat situs gratis lainnya :

  1. Terintegrasi dengan google, website yang dibuat akan langsung tersimpan dalam google drive sehingga tidak perlu melakukan backup data.
  2. Keamanan maksimal, google akan memberikan perlindungan maksimal setiap produknya dari serangan virus dan hacker termasuk pada google sites.
  3. Akses website cepat, situs yang dikelola akan dijalankan menggunakan server milik google.
  4. Fitur Berbagi, dapat dilakukan kolaborasi ketika mengelola website.
  5. Tampilan website simpel, tampilan untuk admin didesain sangat simpel, jadi akan mudah dalam memahami dan mengoperasikannya.
  6. Akses dari segala perangkat, situs yang dibuat dengan google sites bisa diakses dengan berbagai media misalnya PC, laptop maupun smartphone gratis, layanan pembuatan situs ini bisa digunakan secara gratis.

Dalam pembuatan website google sites juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut :

  1. tidak ada fitur  drag  dan  drop  untuk mendesain  halaman web  sehingga pemilik/admin website harus melakukan pengaturan sendiri;
  2. google sites tidak mendukung script dan iframe, sehingga pemilik atau admin website harus mencari sendiri menggunakan gadget tertentu untuk dapat  menggunakan  elemen  tambahan ini. Namun secara umum  jika  tanpa  menggunakan elemen  tambahan  ini  pembuatan website untuk pembelajaran sudah dapat dilakukan dengan cukup lengkap karena google sites telah menyediakan fasilitas unggah berbagai bentuk file yang tersimpan didalam drive  pemilik/admin website. Google sites juga menyediakan fasilitas embed atau tanam dokumen ke dalam website yang mudah untuk dilakukan.

 

Pembelajaran Berbasis Web Memanfaatkan Google Sites

Pemanfaatan website menjadikan informasi bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat. Begitu pula dalam pembelajaran website akan membuat peserta didik  mudah menemukan dan mengakses segala informasi terkait pembelajaran. Selagi pemilik dan pengelola atau admin dari website guru dapat menyertakan orang yang berkompeten dan dibutuhkan untuk dapat bersama-sama mengelola website pembelajaran. Semua orang yang diberikan akses  dapat menambahkan file lampiran  serta informasi  ke dalam website seperti google docs, sheet, forms, calender dan lain sebagainya.

Penggunaan google sites akan memudahkan Guru menyiapkan website untuk pembelajaran. Pembelajaran dapat  dilakukan secara  efektif dengan  dukungan  fitur-fitur yang ditawarkan oleh google sites. Google sites dapat berfungsi sebagai sarana guru dan siswa dalam berbagi pengetahuan dan informasi dalam bentuk yang menarik. Google sites juga bisa dijadikan sarana bagi guru untuk mengkomunikasikan capaian pembelajaran dan dokumentasi peserta didik kepada orang tua. Orang tua dapat mengunjungi website yang dibuat guru secara berkala  untuk mendapatkan  informasi pembelajaran  anaknya. Hal ini merupakan bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Pembelajaran  berbasis web  ditandai  dengan  pemanfaatan  website  dalam pembelajaran.   Website yang digunakan dalam pembelajaran bisa  menggunakan website resmi yang telah diakui kebenaran kontennya ataupun guru dapat membuat dan mengelola sendiri website untuk pembelajarannya. Agar website yang digunakan dalam pembelajaran bermutu dan dapat  dipertanggungjawabkan maka pengembangan media website supaya melalui tahapan  pengembangan  yang  benar. Website yang dibuat hendaknya melalui tahapan perancangan awal, mengidentifikasi hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi, mengembangkan website sesuai kebutuhan, mengevaluasi dan merevisi website. Pemanfaatan website dalam pembelajaran memberikan berbagai keunggulan.  Hal ini dikemukan  oleh (Sari &  Suswanto, 2017) , pertama, media pembelajaran online  dapat diakses  dimana  saja.  Kedua,  media  ini  dapat  diakses  pada  komputer atau laptop maupun android. Ketiga, media ini memiliki konten yang lengkap berupa materi pelajaran dan soal latihan. Keempat, materi atau konten yang tersedia di website dapat didownload. Kelima, media ini mempunyai tiga hak akses dinamis (admin, guru, dan peserta  didik). Keenam, dalam media tersedia fitur analisis aktivitas. Ketujuh, media ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites dikembangkan dengan beberapa tahapan implementasi sebagai terlihat pada gambar 9.

Gambar 9. Tahapan implementasi Google Sites

 

Membuat website untuk pembelajaran tentu harus memperhatikan beberapa aspek yang dibutuhkan peserta didik untuk proses pembelajaran. Untuk memanfaatkan aplikasi google sites, tentunya harus mempunyai email di laman gmail.com, selanjutnya login www.sites.google.com. Pada aplikasi google sites telah tersedia  berbagai  template  situs  yang  dapat  digunakan,  pada  kesempatan ini direkomendasikan untuk  menggunakan  template  kelas  saat  membuat  website  untuk pembelajaran. Adapun  jumlah halaman  situs  dan  nama  halaman  situs  menyesuaikan kebutuhan pembelajaran. Faktor utama yang akan menjadikan website efektif digunakan dalam pembelajaran terkait materi pelajaran yang disediakan didalam website. Guru harus membuat website untuk pembelajaran maka harus menyiapkan peta konsep yang akan ditampilkan, menyisipkan materi pelajaran yang akan diunggah, kemudian menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan memadukan google forms. Selanjutnya, Guru dapat mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik. Untuk melakukan koordinasi dengan peserta didik, Guru dapat melakukannya dengan mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp. Hal ini sangat berguna untuk menyiapkan materi pelajaran yang  akan  diunggah, agar supaya materi yang diunggah sesuai kebutuhan pembelajaran dan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang dibutuhkan peserta didik.

Selanjutnya  pembelajaran  berbasis  web juga  memberikan kemudahan  bagi  guru dalam melakukan penilaian. Melalui website guru dapat menyajikan tugas dan latihan secara online menggunakan berbagai aplikasi penilaian diantaranya google forms. Sehingga sangat penting  bagi guru menyiapkan tugas atau latihan online yang akan diunggah di situs pembelajarannya. Langkah selanjutnya, Guru menyisipkan materi pelajaran sebagai pendukung sumber belajar pada halaman website. Guru sebagai pengelola website tentu sudah memiliki skenario kapan materi atau tugas dan latihan harus diunggah diwebsitenya. Artinya tidak harus diunggah secara bersamaan, akan lebih  baik  jika  disesuaikan  dengan  kebutuhan pembelajaran. Kemudian agar peserta didik dapat mengakses website yang telah disiapkan guru, maka guru harus klik tombol publikasikan. Adapun aksesnya juga harus diseting publik. Didalam website, Guru tidak dapat mengelola diskusi dengan peserta didiknya, maka disarankan Guru untuk mengelola diskusi  kelas melalui grup WhatsApp atau  google  chat  sesuai  skenario yang direncanakan Guru.

Pemanfaatkan website dalam pembelajaran juga dapat diintegrasikan dengan penggunaan  google classroom. Jika selama ini Guru telah aktif memanfaatkan google classroom maka integrase antara website dan classroom dapat memberikan warna berbeda dalam proses  pembelajaran. Guru dapat menautkan link website dalam classroom yang dikelolanya, dimana website telah disiapkan sedemikian rupa menyajikan semua informasi dan materi pelajaran yang dibutuhkan. Sedangkan untuk latihan tetap dilakukan di classroom karena memang di classroom, Guru dapat membuat latihan secara langsung. Cara lainnya Guru juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan website untuk menautkan link latihan online yang telah disiapkan.

Pembelajaran berbasis web ini memberikan kesempatan luas bagi Guru untuk berkreatifitas menghadirkan metode-metode menarik yang mendukung proses belajar peserta didik. Berbagai aplikasi dapat diintegrasikan dan saling melengkapi jalannya proses pembelajaran.

 

KESIMPULAN

Pembelajaran berbasis web dapat dilakukan dengan memanfaatkan situs website resmi atau guru membuat sendiri website untuk pembelajarannya. Pengembangan website sendiri oleh guru dapat dilakukan dengan memanfaatkan google sites.

Tahapan implementasi atau pelaksanaan pembelajaran berbasis web memanfaatkan google  sites adalah sebagai berikut :

  1. membuat akun email di com.
  2. login di sites.google.com.
  3. memilih template web yang diinginkan.
  4. menyiapkan petan konsep yang akan ditampilkan di google sites.
  5. menyisipkan materi pelajaran yang akan diunggah.
  6. menyiapkan tugas atau latihan soal online dengan google forms.
  7. mempublikasikan website dan membagikan link website dengan akses publik.
  8. mengelola diskusi kelas melalui grup WhatsApp.

Pemanfaatan google sites sangat memberikan manfaat, baik bagi Guru maupun bagi peserta didik. Guru memperoleh manfaat dengan mudahnya membuat dan mengelola website, sedangkan manfaat bagi peserta didik terkait dengan kemudahan dalam mengakses website dan peserta didik menjadi terbiasa memanfaatkan website untuk mengakses materi pelajaran maupun mengikuti penilaian online.

 

REKOMENDASI

Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites membuat proses belajar menjadi  fleksibel dimana peserta didik dapat mengakses materi pelajaran kapanpun dan dimanapun selagi terkoneksi jaringan internet. Pemanfaatkan google sites dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya seperti google classroom yang akan membuat pembelajaran lebih menarik. Direkomendasikan kepada para Guru untuk dapat menerapkan pembelajaran berbasis web dengan memanfaatkan google sites dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pembelajaran terhadap peserta didik.  Direkomendasikan bagi peneliti yang akan melakukan kajian lanjutan atau penelitian terkait pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites supaya memfokuskan pada tahapan pengembangan media website yang akan digunakan dalam pembelajaran.

 

DAFTAR PUSTAKA

Adzkiya, D.S., & Suryaman, M. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V s.d VI(2), 1-7,

Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V6i2.4891

Agus Purwanto, dkk. : ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Onlien di Sekolah Dasar”. Kornal of Education, Psicology anda Counseling. Vol. 2 No.1, 2022, h.3

Arief Rachman. “Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Form, Sheet, Sites, Awesome Table and Gmail”. Sntekpan V, (Surabaya: Itats 2007), h.137-149

Dewanto, I.J. 2006. Web Desain Metode Aplikasi dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harsanto, B. 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Feb Unpad. 3

Hironymus Ghodang & Hantono. “Step by Step Belajar dengan Google”. Medan: PT. Penerbit Mitra Grup 2020, h.188

Luh Devy Herliandry, dkk. “Pembelajaran pada Masa Covid-19”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22 No. 1, April 2020, h.66

Mardin, H., & La Nane. 2020. Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran kepada Guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo. Vol. 3(2), Hal.78-82

Oenardi Lawanto. 2001. Pembelajaran Berbasis Web sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan. 9, 44-58

Sari, H.V & Suswanto, H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Mengukur Hasil Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. 1008-1016.

Suryanto, D.A. 2018. Analisis Perbandingan antara Blogger dan Googe Site.

Widya Mutiara Mukti., Yudhia Bella Puspita N, Z.D.A. 2020. Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. 5(1). 51-59

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT